Tentang Kami

MataMassa adalah aplikasi pemantauan pemilihan umum (pemilu) legislatif dan presiden 2014 untuk daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Aplikasi MataMassa dapat diunduh di telepon selular berbasis iOS, Android, maupun BlackBerry. MataMassa juga hadir dalam bentuk Short Message Service (SMS) Gateway. Siapapun diperbolehkan mengunduh aplikasi MataMassa, dan dapat langsung melaporkan temuan pelanggaran pemilu di lapangan melalui aplikasi tersebut. Tim verifikator MataMassa akan menindaklanjuti temuan dan kemudian mengunggah laporan di situs MataMassa.org. Hasil seluruh laporan dari publik akan diunggah di situs MataMassa.org, siapapun dapat melihat laporan terkini. Dengan slogannya: "Yuk Awasi Pemilu Kita!", MataMassa mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengawasi jalannya pemilu 2014 - agar ajang demokrasi besar tersebut berjalan dengan bersih dan transparan.

MataMassa adalah proyek bersama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta dan iLab.

AJI Jakarta adalah organisasi profesi jurnalis yang menaruh perhatian pada isu kebebasan pers, kebebasan berekspresi, keterbukaan dan tranparansi informasi.

iLab adalah organisasi Nonprofit yang bergerak di bidang pengembangan dan riset dibidang teknologi untuk membantu kegiatan - kegiatan sosial, mendukung transparasi sebagai penguatan hak akses pada informasi serta memberikan dukungan teknis terhadap upaya - upaya pelestarian lingkungan untuk perubahan sosial.


--MataMassa